Melalui Serba Serbi Literasi Digital, Kominfo Terus Dorong Perempuan Indonesia Berkarya di Era Digital

Jakarta, 21 Maret 2024–Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Lampu.id bersama Lazada dan Yoona menggelar wadah kegiatan yang menginspirasi dan memotivasi perempuan untuk aktif berwirausaha dan berkarya di era digital. Acara bertajuk 'Rahasia Sukses Perempuan Berkarya di Era Digital', diselenggarakan di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan pada Kamis (21/3), menjadi ajang bagi ratusan perempuan dari berbagai latar belakang dan komunitas untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai literasi digital dan bagaimana pemanfaatannya untuk meraih kesuksesan di era digital yang terus berkembang. 

“Peran perempuan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama dalam ranah digital, sangatlah vital. Kominfo konsisten mendorong partisipasi perempuan dalam berkarya melalui serangkaian kegiatan dan partisipasi aktif yang menciptakan ruang inklusif serta regulasi penguatan tata kelola ekosistem digital yang aman,” tutur Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan.

Semuel menegaskan dalam membangkitkan semangat perempuan dalam berkarya, Pemerintah telah melakukan berbagai macam upaya seperti sosialisasi dan edukasi seperti peningkatan keterampilan, pengenalan dunia wirausaha, pelatihan dan pendampingan, serta menggalakkan pengembangan ekosistem kewirausahaan digital.

“Selama 13 tahun beroperasi di Indonesia, Lazada menyaksikan sendiri bagaimana wirausaha perempuan menjadi bagian penting dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Banyak kisah sukses dari wirausaha perempuan Indonesia di Lazada yang menginspirasi kami untuk terus mengembangkan berbagai program pemberdayaan wirausaha, khususnya wirausaha perempuan, di Lazada,” ungkap Budi Primawan, Vice President – Government Affairs Lazada Indonesia. “Sebagai platform eCommerce yang inklusif, kami berkomitmen untuk terus mendukung perempuan Indonesia terus berkarya, khususnya dalam ekosistem ekonomi digital, dan kami siap untuk berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait, baik pemerintah Indonesia maupun sektor swasta lainnya, untuk terus mendorong pemberdayaan talenta perempuan Indonesia.”

“Perempuan maupun pria memiliki potensi yang sama dalam menjalankan kepemimpinan. Namun, perempuan memiliki kekuatan unik dalam cara mereka memimpin, yang seringkali didasarkan pada empati, kepekaan, dan kemampuan multitasking yang luar biasa. Yoona lahir tidak hanya menciptakan solusi teknologi, tetapi juga membangun kesadaran akan kapasitas diri perempuan di Indonesia. Dengan memperlihatkan kemampuan dan kontribusi mereka dalam dunia teknologi, perempuan dapat mengubah persepsi masyarakat tentang peran dan potensinya dalam memajukan bangsa,” ungkap CEO Yoona, Susanna Angraini.

Berbagai komunitas perempuan seperti Yooniverse, Beauty Channel, Inspire Moms.id, Association of Business and Entrepreneurship Student (ABEST) Sekolah Bisnis IPB, dan komunitas-komunitas lainnya turut menghadiri rangkaian kegiatan yang diakhiri dengan kelas kecantikan dan buka puasa bersama, menciptakan suasana yang membangun solidaritas, dan dukungan antar perempuan. Hadir menjadi panel bincang interaktif, Marcella Zalianty, memberikan inspirasi dan dorongan bahwa perempuan Indonesia memiliki potensi besar untuk berkarya dan berkontribusi dalam mendorong inklusi untuk mencapai kesetaraan gender.

“Kaum perempuan masa kini mulai mengambil bagian aktif dalam dunia teknologi yang sebelumnya selalu didominasi pria. Terdapat banyak kesempatan bagi perempuan untuk berkembang asalkan mereka tekun mempelajari tren digital dan mau berinovasi. Lampu.id berkomitmen untuk terus membantu perempuan Indonesia memahami dan memanfaatkan potensi teknologi demi menciptakan dampak positif yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan inklusi digital di negara ini,” ungkap Founder Lampu.id, Melissa Wijaya.

Dengan adanya dukungan dan kesempatan melalui Serba Serbi Literasi Digital, diharapkan masyarakat semakin termotivasi untuk mengambil langkah-langkah berani, saling mendukung dan mendorong satu sama lain dalam menghadapi tantangan dan mencapai tujuan mereka di era digital yang kompetitif ini. Lebih lanjut, Serba Serbi Literasi Digital tidak hanya memberikan pengetahuan praktis, tetapi juga membangun komunitas yang kuat dan saling bersinergi.

As seen on : logo Warta Ekonomi logo Detik Finance logo iNews.id logo Koran Jakarta logo Tribun Bisnis logo Bisnis.com logo Suara.com

Search

Category